Travelling
Mencicipi wisata sungai Musi dan jembatannya "Ampera "
19/03/2015
0
,
Sungai Musi Jembatan Ampera

Berkunjung ke kota Palembang Sumatera Selatan tak lengkap rasanya  tanpa mengunjungi destinasi wisata yang menjadi ikon dari kota ini yaitu Sungai Musi dan Jembatan Ampera.

Sungai yang membelah kota dengan sebutan lainnya yaitu “Kota empek empek” ini disepanjang bantarannya memiliki beberapa lokasi yang cukup menarik untuk dikunjungi, sebut saja diantaranya jembatan Ampera, benteng Kuto besak, masjid Agung, museum dan sebuah delta di tengah sungai yang berdiri Kelenteng dan diberi nama Pulau Kemaro.

Sungai Musi sendiri menjadi salah satu jalur transportasi penghubung antar daerahnya maupun ke wilayah lainnya, jadi tak heran kehidupan bernuansa sungai terlihat kental disini.

Jembatan Ampera juga berdiri kokoh menghubungkan wilayah Ulu dan Ilir di wilayah tersebut, menurut cerita dulunya jembatan ini menggunakan sistem angkat jika akan dilintasi kapal berukuran besar namun saat ini sudah tidak difungsikan lagi.

Sungai Musi Jembatan Ampera

Untuk berwisata menyusuri sungai Musi kita dapat menggunakan perahu-perahu kayu “ketek” bermesin yang disewakan beserta pemandunya. Mereka biasanya banyak di temui di banyak titik sepanjang bantaran sungai,  salah satunya adalah di bawah jembatan Ampera atau di sekitar pelataran Benteng Kuto Besak.

Jika kamu cukup bernyali dapat menyewa perahu yang lebih cepat, bentuknya mirip sepatu aladin. Sensasi loncat dan terbang diatas air akan lebih terasa jika memilih jenis perahu ini.

Sepanjang perjalanan akan disuguhkan pemandangan pelabuhan-pelabuhan kecil, pemukiman-pemukiman warga pinggiran sungai, aktivitas mencari ikan, pabrik, dan pasar tradisional yang menarik.

0

About author

AWI

Menulis, bermimpi, memotret dan travelling adalah salah satu cara menikmati hidup. Admin salah satu komunitas fotografi travelling di Ibukota. Tertarik pada tema-tema ke-Indonesiaan, adat istiadat, seni budaya, serta hal-hal yang dapat menginspirasi banyak orang.Temui & Ikuti di Instagram | Facebook

Item terkait:

/ You may check this items as well

Wisata Kota Tua Jakarta

Romantisme di Kota Tua Jakarta

Selanjutnya >>
Pulau Peucang Ujung Kulon

Damainya Peucang dan Handeleum di Ujung Kulon

Selanjutnya >>
Panjat Tebing Bukit kandis

Eksplore Bukit Kandis, tebing eksotik bagi pemanjat

Selanjutnya >>

There are 0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *